Rakornas FKDPI ke-2 di Kota Cirebon, Momentum Konsolidasi dan Penguatan Dewandik Kabupaten/Kota se-Indonesia
gambar-post Rakornas FKDPI ke-2 di Kota Cirebon, Momentum Konsolidasi dan Penguatan Dewandik Kabupaten/Kota se-Indonesia

Cirebon - Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Indonesia (FKDPI) mengadakan Rakornas FKDPI Kabupaten Kota Tahun 2023 di Hotel Prima Cirebon pada hari ini sampai besok siang.  Rakornas ke-2 yang digelar sebagai tindaklanjt dari Rakornas FKDPI ke-1 di Surakarta tersebut bertopik: Menguatkan dan Memantapkan Peran Dewan Pendidikan Untuk Mewujudkan Tujuan Pendidikan Nasional.


Dalam Rakornas tersebut, DIY akan mengirimkan sebanyak 18 pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-DIY. Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, serta Kabupaten Bantul masing-masing mengirimkan 2 orang delegasi; dari Kabupaten Kulonprogo mengirimkan 3 orang, serta Kabupaten Gunungkidul mengutus sebanyak 9 orang.  Sementara Dewan Pendidikan yang pasti hadir yakni: Dewan Pendidikan Kabupaten Maluku Tenggara, Dewandik Kabupaten Kudus, Dewandik Kabupaten Kediri, Dewandik Kabupaten Sidoarjo, Dewandik Kabupaten Sukabumi, Dewandik Kabupaten Bekasi, Dewandik Kota Surabaya, Dewandik Kabupaten Sragen, Dewandik Kabupaten Majalengka, Dewandik Kabupaten Sukoharjo, Dewandik Kota Semarang, Dewandik Kabupaten Klaten, Dewandik Kabupaten Pamekasan, Dewandik Kabupaten Padang Panjang, Dewandik Kota Surakarta. Lainnya Dewandik Kabupaten Cianjur, Dewandik Kota Makassar, Dewandik Kabupaten Bandung, Dewandik Kabupaten Garut, Dewandik Kabupaten Kuningan, Dewandik Kabupaten Tegal, Dewandik Kabupaten Karawang, Dewandik Kabupaten Polewali Mandar, Dewandik Kabupaten Maros, Dewandik Kabupaten Purwakarta, Dewandik Kabupaten Salatiga, serta lainnya. Dewan Pendidikan Kota Cirebon sebagai tuan rumah tentu akan hadir full tim.


Menurut Ketua FKDPI Kabupaten Kota, Joko Riyanto, acara tersebut akan dihadiri ratusan pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-Indonesia yang sejak Sabtu kemarin sebagian sudah sampai di Kota Cirebon. Minimal ada tiga misi yang akan dibahas dalam Rakornas FKDPI ke-2 ini yaitu: mendorong adanya urgensi revitalisasi Dewan Pendidikan Nasional ,  Capacity Building Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota, dan Pembahasan Isu-Isu Kontemporer Potret Pendidikan di Indonesia.


Target akhirnya ada tiga rekomendasi yang akan disampaikan kepada para pihak, agar bisa dilaksanakan bersama sehingga mampu mengatasi silang sengkarut berbagai permasalahan dalam dunia pendidikan, termasuk dalam penguatan eksisten Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-Indonesia.


Sudiyo Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman yang sudah hadir sejak Sabtu kemarin, mengharapkan agar acara Rakornas FKDPI ke-2 dapat dijadikan momentum bersama untuk mengokohkan eksistensi Dewan Pendidikan Kabupaten/Kota se-Indonesia agar kontribusinya optimal, sekaligus merealisasikannya terbentuknya Dewan Pendidikan tingkat Nasional.


Hasil pantauan dari redaksi media ini, berbagai delegasi sudah hampir semuanya sampai di Kota Cirebon. Ada yang menggunakan moda angkutan darat maupun udara. Seperti  delegasi Dewandik Kota Semarang yang menggunakan moda bus yang ditumpangi sebanyak 16 orang. "Delegasi Dewandik Kota Semarang sebanyak 16 orang menggunakan armada bus (dengan plat K)," tulis Setiyo Budi melalui WAG Forum Komunikasi DP Indonesia pagi ini.  (Spd)

Sumber foto: WAG Bapak Hediyana Yusuf


Bagikan postingan

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama.