Forkom Dewandik Kab. Kota se-DIY Gelar Rakor di RM Minaku Pantai Ngrenehan GK
gambar-post Forkom Dewandik Kab. Kota se-DIY Gelar Rakor di RM Minaku Pantai Ngrenehan GK
Rakor Forkom Dewandik Kabupaten Kota se-DIY Bahas Agenda Menjelang Rakornas DPKK se-Indonesia ke-3 di Makassar

Gunungkidul - Forum Komunikasi Dewan Pendidikan Kabupaten Kota se-DIY menggelar Rapat Koordinasi bersama di Rumah Makan Minaku Saptosari Gunungkidul pada hari ini. Hadir pada kesempatan tersebut seluruh pengurus Dewan Pendidikan Kabupaten Sleman, Kota Yogyakarta, Gunungkidul, Kulonprogo, dan Bantul.


Lokasi acara tersebut sangat dekat dengan sejumlah destinasi wisata pantai di Gunungkidul yakni Pantai Ngrenehan, Pantai Ngobaran, dan lain sebagainya. Lokasi yang nyaman membawa suasana santai dan guyub.

Agenda pertemuan ini adalah rutin dilakukan untuk menjalin komunikasi dan koordinasi berhubungan dengan ketugasan Dewan Pendidikan pada masing-masing kabupaten/kota se-DIY.

Dalam sambutannya, Ketua Dewandik Gunungkidul Andang Suhartanto menghaturkan selamat datang kepada seluruh peserta di Gunungkidul. Sementara Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Gunungkidul  Agus Subariyanta mengungkapkan masalah-masalah kritis yang dihadapi dalam dunia pendidikan khususnya di Gunungkidul yakni semakin sedikitnya jumlah murid baru di berbagai sekolah sehingga jumlah rombongan belajar semakin sedikit dan kurang terpenuhi. Untuk itu perlu adanya kebijakan-kebijakan progresif untuk mengatasi masalah tersebut. Semoga hal tersebut bisa dijadikan pembahasan dalam Rakornas ke depan.

Menurut Sudiyo, salah satu steering commite mengungkapkan bahwa Rakornas Dewan Pendidikan Kabupaten Kota ke-3 se-Indonesia akan dihelat di Makassar pada 11-13 September 2024.

"Ada tiga agenda besar yang akan dibahas dalam Rakornas tersebut yakni: berhubungan dengan penyusunan AD/ART, penyusunan program kerja nasional, dan penyusunan rekomendasi kepada pemerintah/Kemendikbudristek," ujarnya.

Sementara itu Koordinator Forkom Dewandik Kabupaten Kota se-DIY Khamim Zarkasih Putro menegaskan agar setidaknya masing-masing Dewandik Kabupaten/Kota di DIY dapat mengirimkan minimal 2 orang perwakilan; sehingga dari DIY akan ada 10 orang. Berhubungan dengan hal tersebut, untuk mempersiapkan kepentingan tersebut dibentuk tim 15 yang bertugas untuk mempersiapkan dan mengkoordinasikan bahan-bahan yang akan disampaikan dari DIY untuk disuarakan dalam Rakornas di Makassar tersebut.

Adapun tim 15 yang sudah terbentuk tersebut adalah: Sudiyo, Supadiyanto, St. Nurbaya (dari Dewandik Kabupaten Sleman); Andang Suhartanto, Sukiter, Agus (dari Dewandik Gunungkidul); Agus Amarullah, Sahari, dan Gatot (dari Dewandik Bantul); serta Sardal; Prasetyo, Jumarin (dari Dewandik Kulonprogo); serta Khamim, Umi Faizah, dan Indra (Dewandik Kota Yogyakarta).

Dalam waktu dekat ini, Tim 15 tersebut akan melakukan rapat koordinasi bersama untuk menggodok aspirasi dari DIY yang akan disuarakan dalam Rakornas Dewan Pendidikan Kabupaten Kota se-Indonesia ke-3 di Makassar pada 11-13 September mendatang.  (*)





Bagikan postingan

Komentar

Belum ada komentar, jadilah yang pertama.